+3 votes
oleh (745 poin)
Halo, tolong bantuannya bagaimana cara membuat surat lamaran yang benar dan baik untuk melamar pekerjaan sebagai tenaga kesehatan kebidanan

1 Jawaban

0 votes
oleh (645 poin)

Menjadi Bidan merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Karena kita akan membantu orang-orang dan masyarakat untuk mendapat perawatan. Untuk itu, bagi Anda yang lulusan dari D3 Keperawatan atau Kebidanan sangat dianjurkan untuk melamar kerja sebagai Bidan. Sebelum anda melamar, harap perhatikan hal-hal yang harus Anda siapkan sebelum lamarkan.

Sebelum kita membuat surat lamaran bidan, Ada baiknya Anda pelajari terlebih dahulu bagian-bagian surat lamaran kerja bidan :

    1. Tempat dan Tanggal SuratTempat dan tanggal surat merupakan keterangan yang menjelaskan lokasi dan waktu ditulisnya surat. Apabila lokasi penulisan surat sudah sinyatakan dalam kepala surat, maka tempat surat tidak perlu disebutkan lagi.
    2. LampiranLampiran merupakan penjelas atau jumlah dokumen yang disertakan dalam surat tersebut.
    3. HalHal surat berarti soal atau perkara yang dibicarakan surat.
    4. Alamat SuratAda dua macam alamat, yaitu alamat luar dan alamat dalam.
      1) Alamat Luar
      Alamat luar ditulis pada Amplop surat sebagai pengontrol bahwa surat dan berkas kita, kita alamatkan kemana.
      2) Alamat Dalam
      Alamat dalam ditulis langsung pada kertas surat. Fungsinya sebagai pengontrol bagi penerima surat, bahwa dirinyalah yang berhak menerima surat itu. Penulisan alamat dalam surat tidak perlu didahului kata kepada.
    5. Salam Pembuka
      Salam pembuka lazim digunakan dalam surat pribadi. Penulisan salam pembuka dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda koma.
    6.  Isi Surat
      Isi surat merupakan bagian terpenting dari keseluruhan bagian surat. Hal ini karena bagian tersebut merupakan wadah dari segala persoalan yang hendak disampaiakan penulisnya.
      Isi surat dinas terbagi atas tiga bagian, yaitu :
      1) Alinea Pembuka
      Alinea pembuka berfungsi sebagai pengantar atau pendahuluan atas pokok persoalan yang hendak disampaikan.
      2) Alinea Isi
      Alinea isi merupakan tempat menampung maksud- maksud pokok dari penulis surat. Bagian isi bisa lebih dari satu alinea. Setiap  alineanya menyatakan satu maksud atau pesan- pesan pokok.
      3) Alinea Penutup
      Alinea penutup umumnya berisi ucapan terima kasih atau ungkapan pengharapan.<
    7. Salam Penutup 
      Salam penutup yang biasa digunakan adalah hormat saya, hormat kami, salam kami, atau wasalam.
    8. Nama Jelas Pengirim dan Tanda Tangan
      Pengirim surat adalah pihak yang menulis atau yang menyampaikan surat.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Agar menarik maka kamu harus berusaha menulis surat lamaran sebaik mungkin. Inilah tips dalam menulis surat lamaran kerja

  1. Mengguanakan bahasa yang tepat

Tulislah surat menggunakan bahasa yang formal. Gunakan bahasa indonesia yang baik, jangan menulisnya bertele-tele. Bahasa juga harus sopan , singkat, padat, dan jelas. Perusahaan tidak suka dengan pelamar yang berbelit-belit.

  1. Tulis secara manual

Sebuah perusahaan cenderung lebih suka menerima surat lamaran yang dibuat dengan tulisan tangan. Hal tersebut dikarenakan dari tulisan tangan bisa dinilai betapa kseriusan pelamar untuk bekerja di perusahaan tersebut. Selain itu juga bisa digunakan untuk menilai bagaimana kepribadian pelamar tersebut. Kebersihan dalam surat juga penting, jangan sampai ada coretan atau bekas pensil.

  1. Informasi jelas

Dokumen-dokumen yang berkaitan dengan data diri haruslah jelas. Seperti fotocopy KTP, CV, ijazah, serta dokumen-dokumen penting lainnya. Berikan informasi mu dengan sebenar-benarnya. Kamu juga bisa menambahkan sertifikat pendukung lainnya sebagai nilai tambah tersendiri.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan

Nah, sekarang untuk lebih jelasnya mari kita lihat beberapa contoh surat lamaran kerja bidan di berbagai lembaga silahkan cek di https://contohsurat.co/contoh-surat-lamaran-kerja-bidan

Selamat datang di Tanya Jawab HobyBaca, dimana anda dapat bertanya dan menerima jawaban dari anggota komunitas lainnya.

Anda akan mendapatkan poin dari setiap interaksi yang Anda lakukan disini, poin dapat dikumpulkan dan dapat ditukarkan menjadi pulsa. 1 poin = Rp.10

Minimal penukaran pulsa Rp.5000 atau 500 poin

...